Detail News

BEBELAC AJAK ORANG TUA ASAH KEBESARAN HATI SEIRING KEMAMPUAN DAYA PIKIR SI KECIL

20 Mei 2019

Jakarta, 16 Mei 2019 – Bulan suci Ramadan menjadi momen yang tepat untuk mengasah kebesaran hati si Kecil melalui rasa empati dan rasa pedulinya. Menyadari bahwa perkembangan otak, emosi dan intelektual anak berkembang pesat di usia satu tahun ke atas, maka penting bagi orang tua untuk mengasah kebesaran hati si Kecil sejak dini agar mereka tumbuh dengan melihat permasalahan dari hatinya. Rasa empati dan peduli yang terbentuk akan mendorong daya pikir anak untuk melakukan aksi hebat sesuai nurani mereka. Dalam momen Ramadan, Bebelac kembali meluncurkan kampanye yang mengajak orang tua untuk mengasah kebesaran hati dan daya pikir si Kecil dengan stimulasi yang tepat sesuai tahap usia mereka.

Bebelac dengan pengalaman dan inovasi di bidang Nutrisi Awal Kehidupan selama 100 tahun berkomitmen untuk mendukung ibu dalam menyediakan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar kebesaran hati si Kecil berkembang seiring kemampuan berpikirnya. Deska Hapsari Nugrahaini, Marketing Manager Bebelac menyampaikan, “Bebelac percaya bahwa anak yang memiliki kebesaran hati yang berkembang seiring dengan daya pikirnya akan tumbuh menjadi Anak Hebat dengan Tanggap yang Lengkap, yang memiliki rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi. Untuk itu, dibutuhkan peran orang tua tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi juga memberikan berbagai stimulasi untuk mengasah akal dan hati si Kecil sejak dini.”

Orang tua tentunya telah banyak memberikan ruang untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak baik di institusi formal maupun di luar sekolah. Namun, orang tua juga perlu menyadari pentingnya mengembangkan aspek kebesaran hati anak seiring dengan perkembangan daya pikirnya. Kebesaran hati dapat dihubungkan dengan rasa empati yang merupakan awal bagi si Kecil untuk dapat membangun rasa pedulinya.

Berbagai situasi sosial seperti konflik dan perundungan (bullying) yang terjadi di sekitar si Kecil mendorongnya untuk memiliki tidak hanya kemampuan daya pikir, tetapi juga kebesaran hati. Menyadari bahwa perkembangan otak, emosi dan intelektual anak berkembang pesat di usia satu tahun ke atas, maka penting bagi orang tua untuk mengasah kebesaran hati si Kecil sejak dini agar mereka tumbuh dengan melihat permasalahan dari hatinya. Rasa empati dan peduli yang terbentuk akan mendorong daya pikir anak untuk melakukan aksi hebat sesuai nurani mereka.

Roslina Verauli, M.Psi sebagai Psikolog menekankan bahwa dengan rasa empati si Kecil mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, bersimpati, hingga melihat dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain. “Dengan mengembangkan rasa empati, si Kecil mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal inilah yang perlu diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir si Kecil, agar si Kecil mampu menyikapi sebuah permasalahan serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati.” jelas Verauli.

“Mengasah rasa peduli dapat dilakukan orang tua sejak dini sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang bervariasi, dimulai pada usia 1-2 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun, hingga usia 7 tahun ke atas. Pada usia 3-4 tahun, misalnya, ajak anak untuk membantu atau menolong orang lain, atau saat anak berusia 5-6 tahun, libatkan si Kecil dalam ‘emotional talk’ dimana mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan berikan pujian dan penghargaan untuk setiap hal baik yang mereka lakukan.” Tambah Verauli.

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc selaku Dokter Pakar Nutrisi menjelaskan bahwa pada usia di atas satu tahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi dan sosial berkembang sangat pesat. Masa inilah saat yang tepat bagi orang tua memperhatikan asupan nutrisi anak agar ia dapat tanggap secara intelektual, emosi, dan sosial. Kesehatan pencernaan merupakan faktor penting, karena dapat memengaruhi penyerapan nutrisi optimal yang dibutuhkan oleh si Kecil. Pemenuhan nutrisi secara tepat sesuai kebutuhan setiap tahap usia anak akan mendukung berkembangnya daya pikir dan emosi anak.

“Kesehatan saluran cerna mampu memengaruhi kemampuan daya pikir dan emosi si Kecil. Usus adalah organ yang kompleks dan penting. Organ ini memiliki 60–70% sel imun, 100 juta neuron dan menghasilkan 95% serotonin tubuh yang memengaruhi mood atau emosi si Kecil. Oleh karena itu, untuk mendorong anak tanggap secara intelektual dan emosional, anak di atas usia 1 tahun harus terpenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutriennya, termasuk asam lemak esensial (AA, DHA), asam amino esensial; tambahan vitamin (vitamin A dan D), mineral (Besi dan Seng) dan prebiotik untuk kesehatan saluran cerna.”, jelas Prof. Saptawati.

Di kesempatan yang sama, Shireen Sungkar sebagai Ibu dari 3 orang anak menyampaikan keinginannya untuk membesarkan anak hebat dengan tanggap yang lengkap. “Sebagai seorang Ibu, saya sadar bahwa untuk mengasah kebesaran hati dan daya pikir anak harus dimulai dari rumah. Untuk itu, saya selalu berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dan selalu berusaha mengajarkan ketiga anak saya untuk mengasah kebesaran hati dan daya pikir sejak dini. Hal kecil yang mulai saya lakukan adalah untuk mengajarkan anak mengungkapkan perasaan, memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sekitar, hingga melakukan aksi kecil yang bermanfaat bagi orang lain. Saya sangat mengapresiasi edukasi yang diberikan Bebelac hari ini, terlebih momen bulan suci Ramadan adalah saat yang tepat bagi orang tua untuk mencontohkan rasa peduli yang dapat mengasah kebesaran hati si Kecil agar berkembang seiring dengan kemampuan daya pikir mereka.”

Untuk mendukung lebih banyak orang tua memberikan stimulasi yang tepat, Bebelac bekerjasama dengan Psikolog Roslina Verauli dalam menyediakan materi yang dapat digunakan orang tua dalam memberikan stimulasi seimbang dari aspek IQ (Intellectual Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient), berupa Flash Card – Tips Tumbuh Kembang si Kecil. Materi ini dapat diakses dan diunduh dengan mudah dari laman Bebeclub.co.id. Beragam informasi mengenai cara mengembangkan daya pikir dan kebesaran hati si Kecil juga tersedia di Instagram dan FB @bebeclub.

Terkait nutrisi, susu pertumbuhan Bebelac yang dilengkapi dengan Fish Oil serta Omega 3 & Omega 6 yang ditingkatkan, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan serta Vitamin dan Mineral dapat menjadi salah satu sumber nutrisi si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisinya, maka si Kecil akan lebih siap untuk menerima stimulasi kepada akal dan hatinya.

“Melalui kegiatan Bebelac Ramadan Campaign yang kami lakukan secara rutin setiap tahun sejak 2016 ini, kami berharap dengan semakin banyak orang tua yang memahami cara mengasah kemampuan daya pikir seiring dengan aspek kebesaran hati, sehingga semakin banyak anak Indonesia yang tumbuh menjadi Anak Hebat dengan Tanggap yang Lengkap, yang punya rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi.” Tutup Deska.