Detail News

PENDONGENG BINTANG NUTRICIA GUNAKAN KEKUATAN DONGENG EDUKASI DAN HIBUR PENGUNGSI DI LOMBOK, NTB

27 November 2018

Melanjutkan edukasi nutrisi kepada anak-anak dalam rangkaian Festival Dongeng Internasional Indonesia 2018 oleh komunitas Ayo Dongeng Indonesia!, pendongeng Bintang Nutricia hadir di tengah-tengah pengungsi bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menghibur sekaligus berbagi cerita edukatif tentang nutrisi seimbang dengan cara yang menyenangkan.

Lombok, 17 November 2018 Melanjutkan edukasi nutrisi kepada anak-anak dalam rangkaian Festival Dongeng Internasional Indonesia 2018 oleh komunitas Ayo Dongeng Indonesia!, pendongeng Bintang Nutricia hadir di tengah-tengah pengungsi bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menghibur sekaligus berbagi cerita edukatif tentang nutrisi seimbang dengan cara yang menyenangkan.

Dahulu, kebiasaan mendongeng sebelum tidur masih menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh orang tua kepada anak. Dari dongeng, anak bisa mengasah kemampuan kognitif, melatih imajinasi hingga mendorong perkembangan emosi. Selain itu, dongeng dapat membantu pembelajaran karena alur cerita yang lebih mudah diingat, lebih dari pembelajaran melalui angka dan data.

Arif Mujahidin selaku Communication Director Danone Indonesia  menjelaskan, “Sebagai bagian dari kelompok usaha Danone di Indonesia, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) terus mendukung kesehatan Ibu dan anak melalui penyediaan produk, aktivitas, hingga program edukasi. Berkaitan dengan bencana alam yang terjadi di Lombok, karyawan kami yang tergabung dalam pendongeng ‘Bintang Nutricia’ akan mengedukasi dan menghibur anak-anak di pengungsian agar mereka mengenal kebiasaan makan yang baik sejak kecil dan tidak melupakan makanan dan minuman sehat yang harus dikonsumsi.”

Kondisi nutrisi dan kesehatan dapat menjadi tantangan bagi masa depan anak-anak Indonesia, seperti salah satunya stunting—kondisi gagal tumbuh pada anak akibat malnutrisi kronis pada dua tahun pertama kehidupannya. Penurunan angka prevalensi balita stunting dari 37,2% menjadi 30,8% (Riskesdas 2018) merupakan  hasil yang positif dan tetap dibutuhkan berbagai edukasi berkelanjutan, baik bagi orang dewasa maupun untuk anak-anak agar kebiasaan makan yang baik bisa diterapkan sejak dini dan konsisten dilakukan secara terus menerus.

Sejak tahun 2015, Nutricia rutin bekerjasama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia! dan menyampaikan dongeng terkait nutrisi dan pola hidup sehat melalui Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) di Jakarta, Banda (Maluku), serta Banda Aceh. Tahun ini, pendongeng ‘Bintang Nutricia’ yang terdiri dari karyawan kelompok usaha Danone di Indonesia akan kembali menceritakan dongeng yang berisi nilai-nilai positif bagi anak-anak, khususnya bagi anak-anak dan orang tua yang ada di daerah pengungsian di Lombok. Hal ini dilakukan dalam usaha trauma healing bagi anak-anak melalui cerita yang menyenangkan, sekaligus mengingatkan bahwa nutrisi merupakan isu penting selama di pengungsian.

Ariyo Zidni selaku Founder Ayo Dongeng Indonesia! menyatakan, “Kerjasama antara AyoDI, Nutricia, serta komunitas dongeng lokal yaitu Kerajaan Dongeng Lombok didorong oleh kesamaan tujuan untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak dan orang tua. Dengan tema “Kisah Bahagia”, kami percaya kekuatan dongeng yang dibawakan pada rangkaian FDII 2018 dapat membantu anak-anak, khususnya anak-anak di pengungsian di Lombok, untuk menerima pembelajaran positif yang berguna bagi masa depannya.”

“Pendongeng ‘Bintang Nutricia’ terdiri dari berbagai divisi, seperti Sales, IT, hingga Corporate Communication. Hal ini menunjukkan bahwa apapun latar belakang karyawan, kelompok usaha Danone di Indonesia ingin terus berkontribusi bagi masa depan bangsa yang positif.” Tutup Arif.