Detail News

RIBUAN ALAT MEDIS TELAH DISALURKAN DAN PULUHAN SENTRA VAKSINASI TELAH DIDIRIKAN

30 November 2021

Sejak awal, komitmen Danone Indonesia untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 sangatlah kuat. Salah satu wujud realisasi visi One Planet One Health yang semoga dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Sejak Maret 2020, ribuan bantuan medis dan lebih dari 3 juta air minum dalam kemasan untuk kebutuhan hidrasi telah disalurkan kepada nakes dan masyarakat, serta tak kurang dari 92 sentra vaksinasi yang tersebar di 26 kota besar telah didirikan bersama para mitra.

1. Donasi Skala Lokal dan Nasional

Sepanjang tahun 2020 dan 2021, donasi sebesar Rp 56 miliar telah diserahkan baik berupa uang tunai maupun alat medis seperti 1.300 unit alat pelindung diri, 1.250 boks masker bedah, 500 unit velbed, 50 unit kursi roda, serta berbagai perlengkapan medis lainnya telah disalurkan melalui Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Kabupaten Kepualuan Seribu. Sejauh ini, lebih dari 20 puskesmas dan rumah sakit telah menerima bantuan alat kesehatan dan produk hidrasi.

Fokus penyaluran donasi kepada masyarakat Provinsi DKI Jakarta tentunya disertai alasan yang kuat. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, tercatat hingga 14 September 2021 wilayah DKI Jakarta berada di peringkat pertama dengan akumulasi kasus positif sebesar 855 ribu atau 20,5% dari peta sebaran COVID-19 di Indonesia.

2. Bantu Memenuhi Kebutuhan Darurat Rumah sakit

Mengetahui bahwa keadaan genting bisa terjadi kapan saja dan sangat tidak terprediksi, Danone Indonesia selalu siaga dalam memenuhi kebutuhan darurat sejumlah rumah sakit, salah satunya Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Setidaknya ada 20 unit tempat tidur rumah sakit AKD Kemenkes RI yang didonasikan untuk menampung pasien COVID-19 di RSCM.

3. Donasi Melalui Organisasi Mitra

Satu unit mobil ambulans jenazah, alat perlengkapan medis, alat pelindung diri, vitamin, dan alat bantu kesehatan lainnya telah didistribusikan melalui organisasi-organisasi mitra, yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Community Development UI, dan FK-UI. Begitu pun donasi dalam bentuk lain melalui Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). <.p>

4. Sentra Vaksinasi dan Program Vaksinasi untuk Karyawan

Berbagai lapisan masyarakat, terutama golongan rentan, seperti pemulung, lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 berkat kerjasama Danone Indonesia dan pemerintah daerah. Hingga saat ini telah dibuka 92 sentra vaksinasi yang tersebar di 27 kota besar seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, sebagai bagian paling penting dari perusahaan, tentunya karyawan pun menjadi fokus utama. Demi menjaga kesehatan dan keselamatan karyawannya, Danone Indonesia senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat di lingkungan kerja. Serta dengan target 100% karyawan tervaksinasi hingga akhir tahun 2021, Danone Indonesia secara aktif bekerjasama dengan instansi-instansi terkait untuk mengadakan program vaksinasi khusus bagi karyawan.

Kasus COVID-19 memang mengalami penurunan yang signifikan, namun perlu diingat pandemi ini belum berakhir. Semangat kolaborasi tidak boleh hilang sampai kapanpun demi mewujudkan Indonesia yang sehat dan maju di tahun-tahun yang akan datang. Bahu-membahu kita saling jaga dan saling dukung untuk ciptakan One Planet One Health.