Riset Kami di Asia

Kami berupaya untuk memahami secara lebih mendalam konteks gizi di setiap negara di Asia, termasuk pola makan dan tren budaya/gaya hidup yang dapat mempengaruhi gizi.
Riset Kami di Asia

Di tahun 2010, kami mendirikan pusat riset kami di Singapura yang berfokus pada wilayah Asia Pasifik. Dengan membawa keahlian di bidang riset dan pengembangan (R&D) global mengenai gizi awal kehidupan (Early Life Nutrition atau ELN), mikrobiologi, imunologi dan studi klinis ke Asia, kami memiliki akses yang lebih dekat dengan sejumlah tim ilmiah & pusat riset terdepan di wilayah Asia Pasifik. Karena itu, kami mampu memberikan kontribusi terbaik di bidang ilmu pengetahuan, dan mendukung inovasi di wilayah ini. Fokus riset kami di Asia mencakup:

 

  • Manfaat ELN. Riset ini mencakup pemrograman dan studi epigenetik yang mempelajari manfaat ELN terhadap kesehatan jangka panjang, dengan fokus khusus pada asupan gizi dalam masa kehamilan dan menyusui, serta pada bayi baru lahir.

 

  • Perbandingan antara anak Asia dan Kaukasia. Kami mempelajari perkembangan awal dan kolonisasi microbiota pencernaan, serta perkembangan sistem daya tahan tubuh pada berbagai kelompok anak di seluruh dunia.

 

  • Memahami kebutuhan gizi lokal. Kami melakukan survei lokal mengenai pola makan dan kesehatan, yang kami namakan ‘NutriPlanet’, untuk dapat memahami lebih mendalam tentang kebutuhan gizi lokal bagi wanita hamil, bayi dan balita.

resarch-in-asia1resarch-in-asia2

Studi Riset NutriPlanet

Memahami dengan Lebih Baik Mengenai Kebutuhan Gizi Lokal untuk Ibu Hamil, Bayi dan Balita

 

NutriPlanet merupakan alat pengumpul data dan riset yang secara khusus dikembangkan agar Nutricia dan mitranya dapat mengetahui status kesehatan gizi terkini ibu dan anak di setiap negara. Kami ingin memahami secara lebih mendalam konteks gizi di setiap negara Asia, termasuk perilaku pola makan dan tren budaya/gaya hidup yang dapat mempengaruhi gizi. Kami menganalisa literatur ilmiah yang terdapat di setiap negara untuk melihat data yang tersedia mengenai kebiasaan pola makan, gaya hidup, serta status gizi dan kesehatan mereka. Kami juga melakukan wawancara dengan ilmuwan dan praktisi kesehatan setempat. Tujuan kami adalah untuk mengidentifikasi sejumlah gap potensial yang ada dalam kebutuhan industri kesehatan setempat, beberapa faktor yang dapat menghambat maupun membantu mendorong perubahan, dan merekomendasikan tindakan-tindakan tertentu untuk meningkatkan status kesehatan setempat.

 

Untuk NutriPlanet, kami berkolaborasi dan bermitra dengan pemerintah setempat dan juga pemuka masyarakat, serta berbagi hasil studi demi membantu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kesehatan dan kebutuhan gizi. Di Indonesia, studi NutriPlanet dilakukan pada tahun 2010 melalui kerja sama dengan sejumlah praktisi kesehatan, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya.

 

 

Untuk mengembangkan studi NutriPlanet, kami telah melakukan studi lanjutan di Indonesia untuk menindaklanjuti hasil studi. Di salah satu studi, kami berkolaborasi dengan SEAFAST (South East Asian Food & Agricultural Science & Technology Center), sebuah institut riset dan pemberdayaan masyarakat. Studi tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai pola makanan dan status gizi, serta untuk menentukan rekomendasi gizi tambahan yang dibutuhkan oleh wanita pada masa prakehamilan (usia mengandung), sekaligus ibu hamil dan menyusui. Studi tersebut dilakukan di Bogor, Jawa Barat dalam periode 2010-2011. Keterangan lebih lanjut akan segera ditampilkan dalam situs ini.

 

Kami juga melakukan studi mengenai asupan pola makan pada anak usia 1-5 tahun, melalui kolaborasi dengan SEAMEO (South East Asia Ministers of Education Organisation), sebuah organisasi antarpemerintah yang mempromosikan kerja sama regional melalui edukasi, ilmu pengetahuan dan budaya. Studi tersebut bertujuan mengumpulkan data mengenai pola makanan dan status gizi, serta menentukan rekomendasi gizi tambahan yang dibutuhkan oleh anak usia 1-5 tahun. Studi tersebut dilakukan di Bandung, Jawa Barat, tahun 2012. Keterangan lebih lanjut akan segera ditampilkan dalam situs ini.