Nutricia Indonesia Fund

Nutricia Indonesia Fund berperan penting dalam membantu Indonesia membangun komunitas dokter anak berkelas dunia.
Komitmen Nutricia untuk Mengembangkan Komunitas Praktisi Kesehatan Indonesia

Nutricia Indonesia Fund didirikan pada 1995 oleh Prof. Sofyan Ismael dari Indonesia dan Prof. H.K. Visser dari Belanda. Organisasi ini merupakan organisasi independen yang terbentuk atas kerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Indonesian Pediatric College dan Dutch Pediatric Society.

Bersama kami, kelompok-kelompok ini bahu-membahu menyediakan edukasi terakreditasi yang berkelanjutan, simposium untuk berbagi pengetahuan, program beasiswa, serta program lainnya. Nutricia Indonesia Fund memiliki tujuh bidang inisiatif edukasi berkelanjutan, yaitu:

Lokakarya Ilmiah

Pakar dari Komunitas Dokter Anak Belanda dan Indonesia mengadakan pelatihan, sesi pleno, diskusi kasus dan kunjungan ke sejumlah rumah sakit di berbagai lokasi untuk melakukan pengajaran di tempat. Sejak 1995, lebih dari 80% dokter anak Indonesia telah menghadiri lokakarya ilmiah yang mendapatkan nilai akreditasi tertinggi untuk kategori Edukasi Medis Berkelanjutan dari IDAI ini.

Young Investigator Meetings

Dokter anak muda memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai lokakarya untuk mempelajari cara mempublikasikan hasil-hasil riset di jurnal medis internasional. Hingga akhir tahun 2012, sebagai hasil dari Young Investigator Meetings di tahun 2009 dan 2011, tercatat sebanyak 43 proposal riset telah diajukan.

Lokakarya Penulisan Medis

Lokakarya ini merupakan program dua hari yang memberikan pelatihan mengenai kemampuan dasar menulis ilmiah dan medis bagi dokter anak muda. Nutricia Indonesia Fund telah menyelenggarakan Lokakarya Penulisan Medis di enam kota dan berencana untuk menyelenggarakan lokakarya serupa di delapan kota lainnya di tahun 2014.

Advanced Pediatric Resuscitation Courses (APRC)

Lokakarya-lokakarya ini menyediakan pelatihan berdasarkan studi kasus dan praktik langsung untuk membantu partisipan menangani anak dalam situasi medis darurat dengan lebih baik. Nutricia Indonesia Fund melatih para pengajar mengenai kemampuan resusitasi lanjutan dan merencanakan penyelenggaraan sejumlah lokakarya nasional untuk dokter anak di Indonesia.

Simposium Online

Simposium ini merupakan simposium berbasis internet pertama dalam sejarah IDAI. Simposium yang diadakan setiap dua minggu sekali ini diberikan dan didistribusikan oleh PP IDAI untuk dokter anak di seluruh Indonesia. Edukasi Medis Berkelanjutan terakreditasi ini diluncurkan di 2010 dan dilakukan pada hari Rabu pertama dan ketiga setiap bulan. Di pertengahan 2012, lebih dari 2000 praktisi kesehatan, atau 40% dari jumlah dokter anak di seluruh Indonesia, telah berpartisipasi dalam simposium online Nutricia Indonesia Fund ini. Adapun topik dan jadwalnya dapat Anda peroleh di situs IDAI di www.idai.or.id atau situs Nutricia Indonesia Fund di www.nif.co.id.

Beasiswa Edukasi NIF

Diperkenalkan pada 1995, program ini memberikan dukungan edukasi bagi dokter anak Indonesia. Program Pemberian Beasiswa ini merupakan program tiga bulanan untuk staf pengajar junior. Nutricia Indonesia Fund telah memberikan 57 beasiswa kepada staf pengajar junior dan memfasilitasi sembilan program doktor. Beasiswa diberikan kepada The First Pediatric Oncology di Indonesia, Klinik Estela RS Prof. Kandou Manado, the General Movement Center dan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Di 2004, Nutricia Indonesia Fund memperkenalkan Support Awards untuk menyediakan dukungan parsial bagi dokter anak yang sedang menyusun proposal riset serta untuk memfasilitas ujian nasional. Dari 2006 hingga 2011, program ini telah mendukung lebih dari 500 dokter anak dari seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kursus terakreditasi dan kesempatan berbagi ilmu lainnya, silakan kunjungi situs Nutricia Indonesia Fund di www.nif.co.id.