Detail News

Bintang Nutricia Dukung Festival Dongeng Internasional Indonesia Untuk Tanamkan Nutrisi Awal Kehidupan Anak Melalui Dongeng

26 October 2016

“Ayo Dongeng Indonesia dan Bintang Nutricia Berbagi Manfaat Dongeng Daerah Yang Baik Untuk Anak Indonesia”

Jakarta, 26 Oktober 2016 –Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sebanyak 37% anak Indonesia mengalami stunting. Bahkan, Indonesia masuk ke dalam daftar 17 negara dengan tiga masalah gizi serius, yaitu stunting, wasting, dan obesitas. Namun, masalah ini dapat diatasi salah satunya dengan pemenuhan gizi dan pola hidup sehat sejak awal kehidupan sehingga berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan jangka panjang si kecil.
Arif Mujahidin, Danone Communication  Director menjelaska, “Kami di Nutricia percaya, pertumbuhan seorang anak yang baik dimulai dari pola asuh orang tua yang tepat dan mendongeng merupakan salah satu media sederhana serta mudah dengan berbagai manfaat baik dalam proses tumbuh kembang anak..” 
PT Nutricia Indonesia Sejahtera melalui program Corporate Social Resposibility (CSR) nya, Bintang Nutricia bekerja sama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia menyelenggarakan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 yang akan diadakan di Museum Nasional, Jakarta. Acara yang digelar mulai dari 5-6 November 2016 ini bertujuan untuk mengingatkan kembali akan pentingnya peran orang tua  pada masa pertumbuhan anak baik dari sisi pendidikan ataupun asupan nutrisi.
Ketua Penyelenggara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016, Ariyo Zidni menyatakan “Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 merupakan festival dongeng bertaraf internasional yang telah diadakan kedua kalinya oleh Ayo Dongeng Indonesia. Kami berharap acara ini dapat memperkenalkan kebaikan dongeng serta mengembangkan dan memperluas minat masyarakat terhadap kegiatan mendongeng.” 
Di tahun ini, Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 mengusung tema Cerita Indonesiaku. Selain untuk mengangkat dongeng baik Indonesia, Ayo Dongeng Indonesia dan Bintang Nutricia ingin menghidupkan kembali tradisi mendongeng dengan mempromosikan metode mendidik yang baik dan unik untuk anak serta menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap Indonesia, termasuk pola hidup sehat.
Najelaa Shihab, M.Psi, seorang pegiat pendidikan mengungkapkan, “Menumbuhkan nilai dan karakter positif anak perlu  komitmen orangtua terus menerus, karena pengasuhan adalah proses maraton jangka panjang. Dongeng adalah salah satu cara belajar membiasakan interaksi menyenangkan dan bermakna dalam keluarga. Melalui pesan dan aktivitas dongeng, anak melatih aspek-aspek penting perkembangan; orangtua juga mempraktekkan teknik komunikasi yang efektif"
Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 semakin diramaikan dengan kehadiran berbagai pendongeng internasional seperti Seung Ah dari Korea Selatan, Sheila Wee dari Singapura, Wajuppa Tossa dari Thailand, Ng Kok Keong dari Malaysia, Craig Jenkins dari UK dan Jeeva Raghunath dari India serta pendongeng-pendongeng Indonesia seperti, Agus PM Toh dari Aceh, I Made Taro & Gede Tarmada dari Bali, Rona Mentari dari Jogjakarta, Imam Rojali dari Lampung, Fanny Haurissa dari Maluku, Puppetaria, Rika, Budi Baik Budi, Aio dari Ayo Dongeng Indonesia.   
Dukungan terhadap FDII 2016 adalah pembuktian dari komitmen Nutricia untuk selalu mendukung orang tua Indonesia, khususnya ibu di masa tumbuh kembang anak. Dengan berpartisipasi di kegiatan ini, orang tua akan mendapatkan berbagai informasi serta pengetahuan yang dapat membantu mereka ketika mendongeng untuk anak. 
“Anak yang biasa didongengi, terutama pada saat masa usia dini di periode keemasan, akan mengingat kebiasan baik ini hingga kelak ia tumbuh besar. Hal inilah yang ingin kami dukung dan wujudkan melalui partisipasi kami di FDII 2016, Melalui dongeng, orang tua dapat memberikan edukasi mengenai nutrisi kepada anaknya dengan cara yang lebih menarik seperti melalui ilustrasi dan gambar diikuti dengan suara yang berirama.” Jelas,  Fauziah Syafarina Nasution, Head of External Communication ELN – Indonesia.
Selain itu, orang tua dan si kecil  juga dapat mengikuti berbagai acara spesial mulai dari workshop dan pertunjukan yang edukatif seperti Taman Cerita, Pojok Dongeng, Pertunjukkan Dongeng, Bazaar, dan Kelas Dongeng yang ditujukkan untuk menambah dan memperdalam pemahaman tentang dongeng oleh para pendongeng dalam negeri.
Ayo Dongeng Indonesia dan Bintang Nutricia mengajak Bunda maupun Ayah dan Si Kecil untuk mengikuti rangkaian Festival Dongeng Indonesia 2016 yang akan diadakan di beberapa kota di Indonesia, yaitu  Bogor (12 November 2016 ), Bandung (13 November), Malang (19 November 2016), Surabaya, (20 November 2016), Poso (18-19 November 2016), Yogyakarta (26 November 2016) dan Maluku (27-28 November 2016), 
###
 
Tentang PT Nutricia Indonesia Sejahtera
PT Nutricia Indonesia Sejahtera berkomitmen untuk memastikan tingkat kehidupan yang lebih baik untuk generasi sekarang dan akan datang melalui pemenuhan gizi pada tahap awal kehidupan. Nutricia percaya bahwa pemenuhan nutrisi sehat selama 1.000 hari pertama sejak kandungan hingga tahun ke enam akan berdampak seumur hidup. Nutricia secara aktif bekerja sama dengan ibu, dokter dan praktisi kesehatan untuk memberikan edukasi, dukungan konseling serta program pengembangan anak yang berfokus pada stimulasi kesehatan fisik dan pengembangan karakter untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan generasi penerus di Indonesia. 
PT Nutricia Indonesia Sejahtera adalah spesialis di bidang pemenuhan gizi pada tahap awal kehidupan sejak tahun 1987. Nutricia adalah bagian dari Grup Danone dan memiliki sejarah panjang di bidang nutrisi sejak tahun 1896 di Belanda. Nutricia berinvestasi pada berbagai program riset dan pengembangan melalui kemitraan dengan para orang tua, praktisi kesehatan, universitas dan lembaga pemerintah di seluruh dunia termasuk Indonesia. 
 
Tentang Ayo Dongeng Indonesia
Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) adalah komunitas sosial yang berkomitmen pada kampanye kegiatan mendongeng bagi anak di Indonesia untuk keceriaan, inspirasi, motivasi dan pengembangan imajinasi. Komunitas ini berisi orang-orang yang senang dunia anak dan dongeng, dengan visi ingin menggiatkan kembali kegiatan mendongeng di rumah, sekolah, dan komunitas. Sejak berdiri di tahun 2011, komunitas ini sudah memiliki sekitar 50 relawan aktif dan lebih dari 200 relawan pendukung yang siap mengampanyekan dongeng yang baik dalam kehidupan sehari-hari keluarga Indonesia. Semangat AyoDI juga telah berhasil ditularkan sehingga berhasil mempelopori berdirinya berbagai komunitas dongeng di beberapa kota seperti Bogor, Bandung, Malang, Surabaya dan lainnya. 
 
Sebagai perwujudan salah satu misinya untuk terus memperkenalkan dongeng kepada khalayak ramai, sejak tahun 2013 AyoDI menyelenggarakan festival dongeng yang pertama yaitu Festival Dongeng Indonesia, yang pada akhirnya menjadi kegiatan yang digelar setiap tahun. Pada tahun 2016 ini, menjadi festival yang keempat namun merupakan festival dongeng internasional kedua. 
 
Komunitas Ayo Dongeng Indonesia! berbasis kerelawanan, terbuka dan tidak berafiliasi dengan golongan, agama, atau partai politik apapun.
 
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi www.nutricia.co.id  
Fauziah Syafarina Nasution, Head of External Communication ELN - Indonesia, 0811 98 1343., Fauziah.Nasution@danone.com