Kesalahan Persepsi Orang Tua Sebabkan Masalah Kesehatan Anak Ketika Dewasa
12 Juni 2013

Photo Release #2Pemberian gizi yang tepat pada anak di 1.000 hari pertama kehidupan akan berdampak seumur hidup

Jakarta, 16 April 2013 – Dalam pertemuan terbatas dengan Redaktur dari beberapa media, Nutricia mengutarakan kekhawatirannya akan persepsi orang tua yang salah mengenai anak gemuk yang dapat memperbesar resiko kesehatan anak tersebut di kemudian hari. Kekhawatiran ini dilatar belakangi munculnya pertanyaan para orang tua ke Careline 24/7 Nutricia mengenai anak gemuk. Pendampingan bagi para orang tua dalam menentukan asupan gizi dari awal kehamilan perlu dilakukan secara berkesinambungan dan tanpa kenal waktu.

Riset WHO menunjukkan bahwa anak yang gemuk memiliki resiko untuk tetap gemuk atau menjadi obese di saat dewasa dan mengakibatkan meningkatnya resiko terkena penyakit kronis yang akan membebani sistem kesehatan suatu negara. WHO memperkirakan bahwa pada tahun 2020 obesitas akan menghabiskan sekitar dua-pertiga pengeluaran kesehatan dunia.
“Sejak dibuka, tim Careline kami berinteraksi dengan sekitar 500 orang tua per hari yang saat ini beroperasi selama 24 jam 7 hari seminggu. Banyak penelpon menanyakan bagaimana agar dapat membuat anak-anak menjadi gemuk supaya terlihat lucu dan menggemaskan dan hal ini sangat mengkhawatirkan. Tampaknya mereka belum mengerti sepenuhnya bahwa anak gemuk dan obese akan lebih beresiko terkena diabetes, penyakit jantung dan kanker di kemudian hari,” jelas Putri Realita, Head of Regulatory and Corporate Affairs of PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

Data Riskesdas menunjukkan adanya tren peningkatan angka kegemukan dan obesitas di Indonesia dimana prevalensi gemuk pada anak meningkat dari 12.2% di tahun 2007 menjadi 14% pada tahun 2010. WHO memperkirakan pada tahun 2030 akan ada 21,3 juta pengidap diabetes di Indonesia dan menjadikan Indonesia negara dengan penderita diabetes tertinggi ke empat di dunia.

Berdasarkan observasi para time Careline selama ini, pendampingan dan dukungan secara real time yang diberikan Careline sangat membantu para orang tua, terutama bagi mereka yang sedang menantikan atau mengasuh anak pertamanya.
Ira, salah satu ahli gizi yang berada dibelakang layar Careline setiap harinya, mengaku sering prihatin ketika mendengarkan penelpon yang menginginkan berat badan anaknya naik, walaupun perhitungan Body Mass Index-nya (BMI) sudah ideal. “Orang tua suka khawatir mereka tidak memberi makan yang cukup kepada anaknya, sehingga malah memberikan makanan yang berlebihan atau kadang tidak mengandung gizi sama sekali. Ada persepsi keliru, bahwa anak gemuk adalah anak yang sehat dan tanda kemakmuran orang tuanya, yang harus dirubah,” tuturnya.

Menurut strategi global WHO yang ditujukan untuk Pemberian Makan kepada balita dan batita, pemberian gizi di awal kehidupan memainkan peranan penting dalam mencapai tingkat kesehatan yang optimal di hari tua. “Pemberian gizi yang tepat harus dilakukan sejak awal kehidupan. Para orang tua dan calon orang tua sebaiknya memperhatikan asupan gizi dan kualitas makanan selama masa kehamilan dan pada anak – anak supaya masalah kesehatan di kemudian hari bisa dicegah sejak dini. Hal inilah yang terus menerus kami komunikasikan kepada para orang tua yang menghubungi kami,” jelas dr. Sarah Angelique, National Medical Manager PT Nutricia Indonesia.

Bagi Nutricia, Careline adalah layanan yang penting dan khas dari Nutriclub dan Bebeclub. Layanan Nutriclub dirancang untuk memberikan pendampingan ahli kepada para orang tua dalam setiap tahapan kehamilan dan tumbuh kembang anak. Sedangkan di komunitas Bebeclub, orang tua dapat saling berbagi pengalaman menyenangkan, mudah dan menggembirakan sejak masa kehamilan hingga setiap tahapan usia anak.

Jumlah telepon yang diterima masih tinggi pada jam-jam kerja akan tetapi jumlah penelepon di luar jam kerja pun kini mulai meningkat. Di malam hari, penelepon cenderung lebih santai dan mengelaborasi pertanyaan mereka.

Nutriclub Careline dapat dihubungi pada nomor bebas pulsa 0 800 1 821 1059 dan Bebeclub Careline dapat dihubungi pada nomor bebas pulsa 0 800 1 202 202. Orang tua juga dapat bergabung dengan komunitas Facebook Nutriclub di www.facebook.com/NutriclubIndonesia dan Facebook Bebeclub di www.facebook.com/BebeclubIndonesia. Careline juga bisa diakses melalui www.nutriclub.co.id dan www.bebeclub.co.id.

Unduh versi dokumen:

Press Release Editors Meeting Parenting – Women