Educational Support untuk ELN

Educational Support Nutricia merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam mengatasi malnutrisi pada anak, dan membantu mencegah penyakit tidak menular yang disebabkan oleh kelebihan gizi.

Ilmu pengetahuan secara jelas mengatakan bahwa interaksi antara genetik dan lingkungan – termasuk gizi, yang disebut dengan epigenetic, berperan penting dalam menentukan risiko penyakit kronis di kehidupan seseorang. Perencanaan gizi awal kehidupan (Early Life Nutrition atau ELN) yang baik sangatlah penting bagi balita karena tubuh mereka sedang bekerja untuk membentuk sistem daya tahan tubuh yang sehat, struktur tulang yang kuat, serta fungsi otak dan keterampilan motorik. Kita juga mengetahui bahwa ELN yang optimal dapat membawa manfaat besar bagi kehidupan, karena dapat mengurangi kemungkinan anak terkena penyakit jantung, hipertensi atau diabetes ketika dewasa.

Ketika banyak orang berbicara mengenai pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan, orang tua kini diharapkan mengerti bahwa perencanaan gizi yang baik sangatlah penting pada masa kehamilan hingga masa awal kanak-kanak. Mereka juga sekarang mengetahui bahwa pentingnya ELN dan metabolic imprinting telah dimulai sejak masa kehamilan. Itulah sebabnya ahli diet dan ahli gizi di Indonesia saat ini memiliki peran yang semakin besar dalam membantu orang tua menanamkan pola makan yang sehat kepada anak mereka.

Untuk membantu peran mereka tersebut, Nutricia berkolaborasi dengan Indonesian Nutritionist Association (INA) untuk menggelar simposium ELN di berbagai kota di Indonesia, yang ditujukan untuk para praktisi kesehatan seperti bidan dan perawat. Nutricia dan INA menghadirkan pakar kesehatan terkemuka Indonesia yang secara langsung memberikan informasi menyeluruh dan terkini mengenai ELN. Diharapkan hal ini dapat memperkuat pengetahuan mereka mengenai ELN, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan kesadaran para orang tua yang berinteraksi dengan mereka sehari-hari.

Dalam kurun waktu 2012-2014, Nutricia berencana untuk menggelar simposium ELN di 16 kota di Indonesia. Di tahun 2012 sendiri, Nutricia telah mengunjungi tujuh kota besar seperti Surabaya, Medan, Jakarta, Kupang, Yogyakarta, Jayapura dan Aceh.

‘Educational Support’ ini merupakan salah satu bentuk komitmen Nutricia dalam mengatasi malnutrisi pada anak, dan membantu mencegah penyakit tidak menular yang disebabkan oleh kelebihan gizi.