Early Life Nutrition Solusi Ibu Hamil Untuk Memenuhi Asupan Gizi
17 Januari 2014

Trimester pertama kehamilan, banyak ibu mengalami mual dan muntah
 57,6% ibu hamil mengalami defisiensi protein dan zat gizi mikro
Mendukung para ibu menikmati masa kehamilan

Jakarta, 6 November 2013 – Banyak ibu hamil di Indonesia mengalami defisiensi protein dan zat gizi mikro yang akhirnya mempengaruhi tumbuh kembang sang janin dan kesehatan sang ibu di masa depan. Perencanaan dan pemenuhan gizi sejak dini atau Early Life Nutrition (ELN), merupakan tanggung jawab orang tua, terutama ibu dan akan menentukan kualitas kesehatan ibu dan anak di masa depan.

Early Life Nutrition (ELN) adalah sebuah strategi pemenuhan gizi tepat dan seimbang di awal kehidupan, khususnya pada 1.000 hari pertama kehidupan untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya saat ini dan di masa yang akan datang. Hasil studi yang dilakukan oleh PT Nutricia Indonesia Sejahtera (NIS) bersama Southeast Asian Food & Agricultural Science and Technology (SEAFAST) di Bogor (2011) menemukan bahwa 30-88% wanita Indonesia berusia 20-40 tahun mengalami defisiensi berbagai zat gizi, termasuk protein dan zat gizi mikro, serta sebanyak 57,6% ibu hamil mengalami defisiensi protein dan zat gizi mikro.

“Seorang wanita memiliki risiko kesehatan yang sangat besar ketika mengandung, tetapi bisa kita minimalisir sejak awal kehamilan. Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi yang tepat dan seimbang agar bayi dalam kandungan dapat tumbuh secara optimal dan kesehatan ibu tetap terjaga.” jelas DR. dr. Noroyono Wibowo, SPOG(K) yang menjadi salah satu narasumber pada acara temu media PT NIS.

Saat sedang hamil, ibu biasanya akan mengalami mual-muntah di trimester pertama, lebih lanjut DR. dr. Noroyono Wibowo, SPOG(K) menyampaikan bahwa selain perubahan hormonal, salah satu penyebab mual-muntah adalah kurangnya zat gizi tertentu pada ibu. Dan bila tidak diatasi dengan baik dapat mengakibatkan ibu menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan gizi harian, sehingga makin berisiko kekurangan zat gizi.

Guna menghadapi tantangan tersebut, PT NIS menghadirkan Bebemama dengan kandungan zat gizi yang diperlukan ibu hamil diantaranya asam folat, kalsium, zat besi, zinc, DHA dan serat pangan. Bebemama khusus diciptakan untuk ibu hamil dengan rasa yang lezat dan ringan (Tasty Lite) sehingga tidak menyebabkan rasa eneg atau mual pada saat dikonsumsi. Hal ini membantu ibu mendapatkan asupan zat gizi yang optimal dari susu ibu hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

“Berangkat dari fakta bahwa banyak ibu hamil mengalami defisiensi protein dan zat gizi mikro, serta banyak ibu hamil yang mengeluh menjadi mual ketika mengkonsumsi susu ibu hamil. Dengan mengkomsumsi Bebemama membantu Ibu hamil dalam memenuhi Early Life Nutrition bagi janin dalam kandungannya” jelas Oi Po Leong, Direktur R&D PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

“Bebemama dikembangkan sejalan dengan Early Life Nutrition yang bertujuan untuk membantu para ibu menikmati indahnya masa kehamilan serta memenuhi kebutuhan gizi janin dan ibu. Bebemama juga hadir bersama layanan Complete Love,” tambah Ade Umiyana Savitri, Marketing Manager Bebelac, PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

Menurut DR. dr. Noroyono Wibowo, SPOG(K) “Selain nutrisi, penting untuk diingat bahwa ibu hamil juga sebaiknya bisa menikmati masa kehamilan dengan rasa senang. Apabila ibu mengalami stress dan depresi dapat mengganggu proses metabolisme zat gizi sehingga akan berdampak tidak baik bagi ibu dan janin dalam kandungannya. ”

Bebemama hadir bukan hanya dalam bentuk produk namun juga berupa layanan Complete Love yang senantiasa mendampingi para orang tua pada setiap tahapan kehamilan dan tumbuh kembang anak melalui Bebeclub. Didukung oleh tim Careline yang memiliki latar belakang seperti bidan dan ahli nutrisi dan yang tidak kalah penting juga adalah seorang ibu yang berpengalaman. Layanan Bebeclub Careline ini tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Careline untuk komunitas Bebeclub dapat dihubungi melalui website www.bebelac.co.id, Facebook www.facebook.com/BebeclubIndonesia dan Hotline – 0 800 1 202 202.

Selain itu, Bebeclub akan meluncurkan social networking platform di kuartal pertama  2014, yang merupakan forum sharing interaktif di mana para ibu/para calon ibu bisa saling berbagi cerita, pengalaman suka dan duka , atau bahkan mengunduh video dan foto si kecil yang telah berusia 1tahun  ke atas, maupun berbagai interactive tools, info dan tips lainnya. Semua ini dimoderasi oleh staf Bebeclub Careline.  Selain itu, Bebeclub juga turut mendukung dan mempersiapkan para calon ayah/ ayah dengan menyediakan pengetahuan tentang menjadi ayah yang tersedia dalam Dad’s Corner.

“Kelebihan dari Bebeclub ini, adalah tempat yang memberikan dukungan kepada ibu, mulai dari sebelum ibu hamil, hingga si kecil hadir. Sebagai social network platform yang responsive, Bebeclub memiliki tampilan yang lebih interaktif sehingga nyaman diakses dari mobile maupun tablet.  Para ibu yang bergabung di Bebeclub akan memiliki profile page yang personal sehingga ibu dapat berekspresi secara penuh melalui cerita, serta mengunduh foto dan video. Bebeclub juga memiliki bi-monthly live chat event dengan para dokter yang mulai efektif di kuartal pertama 2014. Saat ini live chat didukung oleh praktisi kesehatan agar ibu dapat menanyakan apa saja seputar kesehatan anak.“ jelas Rosi Hoesin, Consumer Experience Manager Bebelac, PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

Bebeclub dan Bebeclub Careline ini merupakan bagian dari komitmen Nutricia untuk senantiasa mengembangkan produk baru, memberikan layanan tanpa henti dan memanfaatkan teknologi terkini agar para orang tua dapat memberikan yang terbaik bagi buah hati mereka sejak masa 1.000 hari pertama awal kehidupan (Early Life Nutrition). Didukung oleh ahli nutrisi, bidan dan juga seorang ibu, Bebeclub diharapkan dapat memberikan kepercayaan diri bagi para calon ibu/ ibu, maupun para orang tua lainnya bahwa mereka telah membuat keputusan yang tepat untuk asupan gizi dan kesehatan diri dan anak mereka.

Unduh versi dokumennya di:

Berita Pers Bebemama