Bebelac Complete Fruits and Veggies Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian Anak
4 November 2013

27, 7 persen anak Indonesia usia 1-4 tahun menderita anemia karena kekurangan zat besi yang mengakibatkan pertumbuhan dan pencapaian kognitifnya tidak optimal. 


Jakarta, 26 September 2013
– Banyak anak yang mengalami masalah makan dan cenderung menolak  bila disuguhkan buah dan sayuran. Kecenderungan ini mengakibatkan mereka rentan mengalami kekurangan mikronutrien yang banyak dikandung buah – buahan dan sayur mayur. Padahal mikronutrien ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik, motorik dan kognitif anak. Demi membantu para Ibu mengatasinya, pada hari ini Bebelac meluncurkan Bebelac Complete Fruits and Veggies yang membantu Ibu mencukupi kebutuhan gizi harian anak sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Bebelac Complete Fruits and Veggies mendukung peran Ibu dalam membiasakan pola makan sehat pada anaknya.

Yang tergolong mikronutrien adalah berbagai vitamin dan mineral seperti zat besi, seng, kalsium dan vitamin B kompleks. Mikronutrien ini berperan sebagai zat pengatur penggunaan berbagai zat gizi dalam tubuh yang penting dalam masa tumbuh kembang anak. Hasil penelitian Nutriplanet yang sejalan dengan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 menunjukkan bahwa 27,7 persen anak Indonesia usia 1-4 tahun menderita anemia karena kekurangan zat besi yang mengakibatkan pertumbuhan dan pencapaian kognitifnya tidak optimal. Selain itu terdapat 36,8 persen anak Indonesia usia 1-5 tahun yang mengalami stunting (gangguan pertumbuhan), dimana salah satu penyebabnya adalah kekurangan mikronutrien.

Bebelac Complete Fruits and Veggies ini kami kembangkan berdasarkan temuan ini dan kami luncurkan hari ini sebagai jawaban Bebelac untuk turut berperan serta memperbaiki status gizi anak-anak Indonesia,” terang Oi Po Leong, Research and Development Director, PT Nutricia Sejahtera Indonesia yang ikut andil dalam pengembangan varian baru ini.

Bebelac Complete Fruit and Veggies bukanlah pengganti makanan padat, melainkan bagian dari menu dengan gizi seimbang untuk anak. Dengan kandungan ekstrak 28 buah dan sayur seperti wortel, jeruk, stroberi, apel, brokoli, anggur, labu kuning, tomat, nanas, bit merah, mangga, pisang dan bayam, yang kaya akan mikronutrien, Bebelac Complete Fruits and Veggies diberikan Ibu pada anaknya untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian disamping makanan utama anak. Kelebihan lain dari Bebelac Complete Fruit and Veggies adalah rasanya yang enak walaupun tidak mengandung sukrosa, sehingga membantu mengurangi kecenderungan anak ketagihan rasa manis,” jelas Ade Umiyana Savitri, Marketing Manager Bebelac, PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

Berdasarkan panduan AKG, anak usia 1 – 3 tahun membutuhkan 1,200 kkal per hari untuk tumbuh kembang dan aktivitas fisiknya. Dari jumlah itu, susu dapat membantu memenuhi sekitar 20-30% kebutuhannya. “Ibu tetap perlu mengamati pertambahan tinggi, berat badan dan kondisi kesehatan anak supaya bisa mendapatkan solusi yang tepat untuk anak sulit makan. Apabila anak susah makan, misalnya sering menolak buah dan sayur, tetapi tidak mengalami penurunan atau kekurangan berat badan, yang utama adalah perbaikan pola makan, serta memilih makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi khususnya mikronutriennya. Apabila terjadi penurunan berat badan pada anak yang susah makan, maka diperlukan konsultasi lebih menyeluruh dengan dokter,” tambah Dr. dr. Saptawati Bardosono MSc, dokter ahli gizi dan salah satu pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang menjadi narasumber ahli dalam acara peluncuran ini. 

Permasalahan kekurangan mikronutrien bukanlah masalah Indonesia semata. World Health Organization (WHO) memperkirakan lebih dari 2 milyar orang di dunia mengalami kekurangan vitamin dan mineral. Hasil studi Nutricia Research bersama dengan SEAMEO (2012) terhadap asupan dan pola makan anak menunjukkan bahwa anak Indonesia usia 1 – 5 tahun cenderung mengalami kekurangan mikronutrien.

“Anak yang mengalami masalah makan dan cenderung menolak bila disuguhkan buah dan sayuran menjadi salah satu alasan penyebab permasalahan kekurangan mikronutrien. Cara menyenangkan yang bisa dicoba adalah mengajak anak-anak untuk ikut berbelanja, memilih langsung buah dan sayuran serta memasaknya bersama. Selain kecukupan gizi anak, Bebelac juga ingin membantu Ibu mengajarkan pola makan sehat pada anak,” tambah Ade. Public Health Nutrition Journal 2013 menemukan bahwa, anak – anak yang membantu memilih dan mengolah bahan makanannya sendiri akan menyukai makan sehat dan makan sayur mayur 10% lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak membantu sama sekali.

“Melalui penyediaan produk – produk yang berkualitas, kami berharap untuk dapat terus membantu menjawab masalah gizi anak Indonesia dan mengambil langkah nyata untuk menjadi bagian dari solusi beban gizi ganda di Indonesia,” ujar Swissanto Soerojo, Direktur Medis, PT Nutricia Sejahtera Indonesia yang meluncurkan produk baru ini secara resmi.

Nutricia berkomitmen untuk senantiasa mengembangkan produk baru, memberikan layanan tanpa henti dan memanfaatkan teknologi terkini agar para orang tua dapat memberikan yang terbaik bagi buah hati mereka dalam masa 1.000 hari pertama kehidupan, agar sang buah hati dapat memperoleh kehidupan yang lebih sehat.

Unduh versi dokumennya di:

[BERITA PERS] Bebelac Complete Fruits and Veggies Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian Anak